Beda WordPress org dan com – Mana yang Paling Baik?

Beda wordpress org dan com – Tahukah kamu, wordpress org dan com adalah 2 platform yang berbeda?. Kebanyakan pemula yang baru mulai ngeblog dibuat bingung oleh wordpress.com dan wordpress.org. Tak jarang banyak kemudian yang salah memilih diantara 2 platform ini.

Artikel ini membahas dengan detail perbedaan wordpress org dan com dan menyimpulkan platform mana yang paling baik untuk digunakan. Harapannya kamu bisa paham betul perbedaan diantara keduanya sehingga kamu bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan websitemu.

beda wordpress org dan com

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Cara terbaik untuk menemukan perbedaan diantara keduanya adalah dengan mengenal masing-masing platform.

WordPress.org

WordPress.org adalah wordpress yang sebenarnya. Semua hal baik yang kamu dengar tentang wordpress diluaran sana yang dimaksud adalah wordpress.org ini. Merupakan software yang bersifat Open Source, yaitu 100% gratis untuk digunakan baik untuk kebutuhan personal maupun komersil. Yang kamu butuhkan adalah nama domain dan web hosting, maka worpress.org ini sering disebut juga self-hosted WordPress.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari wordpress.org ditinjau dari kemampuannya membuat website :

Kelebihan WordPress.org

Dengan wordpress.org, kamu memiliki kontrol penuh atas websitemu. Kamu bisa dan bebas melakukan kustomisasi apa saja yang kamu inginkan. Berikut beberapa kelebihan wordpress.org dan alasan mengapa ia menjadi pilihan terbaik :

  • Software wordpress gratis, Open Source dan sangat mudah dalam penggunaannya.
  • Websitemu dan seluruh datanya adalah milikmu. Tidak ada yang akan “mematikan” websitemu andaikan misalnya kamu melakukan sesuatu yang melanggar (selama itu bukan perbuatan kriminal).
  • Bisa menambahkan plugin dan tema wordpress baik yang gratis maupun yang kamu beli sendiri dari pihak ketiga.
  • Bebas melakukan kustomisasi terhadap tampilan website karena tidak ada batasan modifikasi.
  • Bisa melakukan monetisasi dengan cara memasang iklan yang keuntungannya 100% untuk sendiri.
  • Bisa memasang Google Analytic untuk keperluan analisa dan traking.
  • Kamu bisa membuat toko online untuk menjual produk digital maupun fisik, menerima berbagai metode pembayaran dan melakukan pengiriman.
  • Kamu juga bisa membuat website Membership dengan menjual premium konten dan membangun komunitas.

Kekurangan WordPress.org

Sebenarnya akan lebih tepat disebut sebagai konsekuensi daripada kekurangan, yaitu diantaranya :

  • Kamu membutuhkan web hosting. Yang mana mengharuskanmu untuk mengeluarkan biaya sekitar Rp 50.000 s/d 100.000 per bulannya.
  • Kamu harus melakukan update rutin wordpress yang kamu instal ke versi terbaru. Jika abai melakukannya maka resiko keamanan mengintai.
  • Kamu bertanggungjawab melakukan backup untuk menghindari kehilangan data secara tiba-tiba.

Biaya yang kamu butuhkan untuk membuat website dengan wordpress.org bervariasi tergantung jenis website apa yang ingin kamu buat (blog, landing page, portfolio, toko online, membership). Biaya tersebut belum termasuk plugin dan tema premium yang mungkin kamu gunakan.

Biaya minimal yang mungkin kamu keluarkan untuk membuat website dengan wordpress.org adalah sekitar Rp 300.000 s/d Rp 500.000 per tahun. Satu hal yang perlu diingat bahwa hampir 90% dari biaya tersebut adalah untuk pembelian hosting.

WordPress.com

harga beda wordpress org dan com

WordPress.com adalah layanan hosting milik co-founder dari WordPress.org, Matt Mullenweg. Karena alasan kesamaan pendiri inilah, maka pengguna sering dibuat bingung karenanya.

WordPress.com sendiri memiliki 5 paket layanan :

  • Gratis – dengan keterbatasan
  • Personal – Rp 44.700 per bulan
  • Premium – Rp 89.400 per bulan
  • Business –Rp 298.000 per bulan
  • Ecommerce – Rp 534.000 per bulan
  • VIP – mulai dari Rp 5.000.000 per bulan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari website yang dibuat menggunakan wordpress.com :

Kelebihan WordPress.com

Layanan wordpress.com versi gratis adalah pilihan yang bagus untuk para blogger yang menulis berdasar hobi ataupun blogger pemula, berikut alasannya :

  • WordPress.com 100% gratis hingga space 3GB. Jika kebutuhan websitemu lebih dari itu kamu diharuskan menggunakan paket berbayar untuk kapasitas space yang lebih besar.
  • Tidak perlu khawatir untuk update dan backup, wordpress.com otomatis melakukannya untukmu.

Kekurangan WordPress.com

Ada beberapa limitasi yang menjadi kekurangan dari wordpress.com, dan limitasi inilah yang menjadikan wordpress.com “kalah” dengan wordpress.org, diantaranya:

  • WordPress.com memasang iklan pada versi gratis. Kamu melihat iklan tersebut dan tidak bisa mendapatkan keuntungan darinya. Iklan tersebut akan hilang jika kamu upgrade ke versi yang berbayar.
  • WordPress.com tidak mengizinkanmu untuk memasang iklan yang mana itu menghalangimu dari melakukan monetisasi website. Kamu bisa memasang iklan menggunakan platform iklan mereka yang disebut WordAds.
  • Kamu tidak bisa mengupload plugin. Kamu baru bisa melakukannya jika kamu mendaftar di paket VIP.
  • Kamu tidak bisa mengupload tema kustom. Versi gratis hanya bisa menginstal dari koleksi tema yang ada.
  • Kemampuan analitik yang sangat dibatasi karena kamu hanya bisa menggunakan analitik mereka dan tidak diizinkan untuk memasang lainnya.
  • WordPress.com versi gratis memiliki nama domain dengan Brand mereka. Misal jika nama blogmu adalah bloggue maka nama domainmu adalah bloggue.wordpress.com.
  • Mereka bisa menghapus websitemu kapan saja jika dirasa kamu melanggar apa yang mereka tetapkan.
  • Terdapat identitas di footer bertuliskan “a powered by WordPress.com” dan tidak bisa dihilangkan kecuali untuk versi berbayar.
  • WordPress.com tidak menyediakan fitur untuk toko online yang menerima berbagai macam metode pembayaran kecuali kamu menggunakan paket wordpress.com yang eCommerce Plan.
  • WordPress.com tidak bisa digunakan untuk membuat website membership.

Seperti yang kamu lihat, wordpress.com sangat dibatasi jika kamu menggunakan paket gratis, Personal atau bahkan Premium. Untuk bisa menggunakan Full Featured kamu diharuskan upgrade ke paket Bisnis (Rp 298.000 per bulan) atau VIP (mulai dari Rp 5.000.000 per bulan).

FAQ Beda WordPress org dan com

Berikut kami sertakan FAQ untuk pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab pada pembahasan diatas.

WordPress.org VS wordpress.com, mana paling baik?

Jika kamu menulis blog untuk kesenangan dan tidak mempermasalahkan monetisasi website, wordpress.com bisa mengakomodir kebutuhan itu. Namun jika kamu berencana untuk melakukan monetisasi dari websitemu, maka gunakan wordpress.org.

Lebih dari itu wordpress.org adalah platform terbaik yang menjadi pilihan para blogger profesional, pemilik bisnis hingga nama besar seperti Disney.

Mana yang paling bagus untuk kebutuhan toko online?

Membangun toko online menggunakan wordPress.org jauh lebih mudah dan fleksibel. Dengan tersedianya banyak pilihan plugin eCommerce, kamu tidak terikat dengan plugin tertentu.

WordPress.com juga bisa bisa digunakan untuk toko online namun untuk bisa menggunakannya harus berlangganan versi eCommerce yang sangat mahal.

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress.org?

Untuk memulainya kamu membutuhkan nama domain dan web hosting. Nama domain adalah alamat website yang kamu pilih, misal: bisnisku.com, blogkeren.net atau komunitastoko.org. Sedang hosting adalah tempat dimana kamu menyimpan file wordpress-mu.

Jika memungkinkan, gunakan hosting yang sudah dioptimalkan untuk wordpress atau biasa disebut wordpress hosting. Satu nama yang bisa direkomendasikan adalah : wordpress hosting Niagahoster.

Bisakah pindah dari wordpress.com ke wordpress.org?

Ya. Kamu bisa memindahkan websitemu di wordpress.com ke hosting sendiri menggunakan wordpress.org.

WordPress.com vs WordPress.org – Kesimpulan

Cara terbaik untuk mengingat perbedaan wordpress org dan com adalah dengan menggunakan analogi menyewa rumah dengan memiliki rumah. WordPress.com bisa disamakan dengan menyewa rumah sementara wordpress.org adalah memilikinya.

Saat menyewa rumah (wordpress.com) kamu memiliki banyak sekali batasan dan kotrol karena itu rumah orang dan kamu hanya menyewanya. Sementara pada rumah sendiri (wordpress.org) kamu memiliki kontrol penuh untuk melakukan apa saja yang kamu kehendaki karena itu adalah rumah milikmu sendiri.

guenesia avatar

GUE GE,

Bekerja Full Time di perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan retail sebagai Web Developer. Blog ini sebagai tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang dunia website.

Tinggalkan komentar