Begini Cara Mengetahui Theme WordPress Orang Lain

Cara mengetahui theme wordpress orang lain – Theme atau tema dalam wordpress, memiliki peran yang sangat signifikan. Dengannya kamu bisa membuat tampilan websitemu indah dan menawan. Dengannya pula kamu bisa menjadikan websitemu fast loading dan SEO Friendly. Theme wordpress menjadi sangat penting karena ia menjadi salah satu pembeda antara satu website dengan website lainnya.

Mengetahui Theme WordPress Orang Lain dengan Gochyu

Kamu pasti pernah saat browsing menemukan website dengan tampilan yang rapi, navigasi yang mudah dan desain yang secara pribadi kamu suka. Jika kamu tertarik dan ingin membuat website yang secara tampilan mirip, kamu bisa melakukannya. Kamu tinggal mencari tahu theme wordpress yang digunakan kemudian buat website dengan tema tersebut.

Namun itu hanya mungkin terjadi jika website yang ingin kamu tiru tersebut dibuat dengan wordpress. Bagaimana cara mengetahui sebuah wordpress dibuat menggunakan wordpress atau bukan? Jika ia menggunakan wordpress, bagaimana cara mengetahui theme yang digunakan?

Caranya adalah dengan munggunakan layanan dari Gochyu di gochyu.com. Kamu tinggal masukkan alamat website yang ingin kamu cari tahu temanya, maka dalam sekejap akan diketahui hasilnya. Mengapa Gochyu? Benar sekali, ada banyak layanan serupa. Sebut saja: whatwpthemeisthat.com, isitwp.com, wpthemedetector.com hingga scanwp.net. Namun dari semua yang disebutkan hanya di Gochyu yang tampilannya rapi dan bersih. Sementara yang lainnya penuh padat dengan iklan, sehingga kadang membingunkan mana hasil pencarian dengan spot iklan.

Tidak itu saja, berikut kelebihan Gochyu lainnya dibanding website sejenis:

  1. Mendeteksi theme
  2. Mendeteksi plugin
  3. Mendeteksi aplikasi yang digunakan
  4. Mendeteksi perusahaan hosting yang digunakan
  5. Support untuk banyak platform CMS: WordPress.org, WordPress.com, Shopify, Drupal, Joomla!, Prestashop dan Squarespace.

Mengetahui Platform Sebuat Website

Buka website Gochyu tadi dan ketikkan alamat website target. Sebagai contoh, Gue akan ketikkan detik.com dan klik enter. Hasil seperti ini yang muncul:

cara mengetahui website wordpress atau bukan

Jika muncul hasil pencarian seperti gambar diatas dengan keterangan, “detik.com is not Using a CMS supported” itu menunjukkan bahwa website detik.com tidak dibuat menggunakan platform wordpress ataupun CMS lain yang disebutkan diatas. Karena itu kita tidak bisa mengetahui theme yang digunakan dan tidak akan mudah untuk membuat website yang mirip dengannya.

Lalu dengan apa website detik.com dibuat? butuh tool lain yang lebih komplek untuk mengetahuinya. dan kita tidak akan membahasnya pada bahasan kali ini. Tidak perlu khawatir, masih banyak website wordpress lain yang bisa kita lakukan “Reverse Engineering”.

Hore! Ketemu Tema WordPressnya!

Kita lanjut pencarian dengan website lainnya. Kali ini kita akan mencari website bisnis dengan tampilan yang bagus. Setelah melakukan pencarian, target kita adalah: sewamobiltangga.com, sebuah layanan sewa mobil tangga di Jakarta. Masukkan alamat website tersebut di Gochyu, seketika muncul hasil seperti ini:

cara mengetahui theme wordpress orang lain

Dari hasil pencarian tersebut didapatkan hasil:

  • Website tersebut dibuat menggunakan wordpress
  • Theme wordpress yang digunakan adalah BeTheme
  • Plugin yang terinstal diantaranya: Contact Form 7, Slider Revolution dan Yoast SEO

Saatnya Reverse Engineering

Hasil pencarian diatas sangat powerful terkait informasi yang kamu dapatkan. Kamu tidak saja menemukan tema wordpress-nya, tetapi juga plugin yang digunakan dan dimana website tersebut nge-host. Dengan data tersebut kamu bisa membuat website yang sama persis atau bahkan mengungguli secara desain dan rangking karena kamu mengetahui “mesin” yang digunakannya.

Apakah itu berarti website yang dibuat menggunakan wordpress tidak aman karena mudah ditiru sehingga rawan kalah dalam persaingan?. Tidak juga, kemampuanmu meniru desain sebuah website tidak membuatmu serta merta lebih baik dari website yang kamu tiru. Dalam SEO misalnya, banyak sekali parameter yang dijadikan penilaian. Yang semuanya mengerucut pada satu nilai: Kualitas. Tidak penting desain websitemu, tidak jadi soal platform yang kamu gunakan, selama kamu menghadirkan konten yang berkualitas, Google akan menghargaimu dengan rangking yang tinggi.

WordPress memang dikenal sebagai platfom terbaik untuk kebutuhan blogging ditinjau dari kemudahan pengelolaan dan SEO Friendly, apalagi jika di dukung hosting yang cepat seperti Niagahoster. Namun pada akhirnya faktor penentu adalah konten yang kamu hadirkan. Bukan tampilan melainkan fungsi, bukan bungkus tetapi isi.

guenesia avatar

GUE GE,

Bekerja Full Time di perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan retail sebagai Web Developer. Blog ini sebagai tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang dunia website.

Tinggalkan komentar